Aplikasi Olah KKM SD KK13 Format Excel

Salam hormat,
Ijinkan kami berbagi tentang materi Aplikasi Olah KKM untuk kurikulum KK13 khususnya satuan pendidikan Sekolah Dasar. Penentuan KKM dapat pula ditentukan dengan menghitung tiga aspek utama dalam proses belajar mengajar siswa. Secara berurutan cara ini apat menentukan KKM Indikator – KKM Kompetensi Dasar (KD) – KKM Standart Kompetensi (SK) –  KKM Mata Pelajaran. 


Dalam pembuatan KKM kita haruslah memperhatikan 3 aspek yaitu sebagai berikut:
  1. Kompleksitas  merupakan tingkat kesulitan materi pada tiap indikator, kompetensi dasar maupun standart kompetensi. Semakin tinggi tingkat kompleksitas maka semakin kecil skor yang dipakai. Rentang nilai yang digunakan misalnya: jika kompleksitas tinggi rentang nilai yang digunakan (50-64), kompleksitas sedang (64-80), dan kompleksitas rendah (81-100)
  2. Daya Dukung Faktor ini lebih ditujukan pada ketersedian sarana dan prasarana yang dimiliki oleh sekolah dalam menunjang Kegiatan Belajar Siswa. Sekolah yang memiliki daya dukung tinggi maka skor yang digunakan juga tinggi. Pada aspek daya dukung rentang nilai yang digunakan sangat fleksibel sesuai dengan kondisi sekolah. Salah satu contohnya: jika daya dukung tinggi maka rentang nilai yang digunakan (81-100), daya dukung sedang (65-80), untuk daya dukung rendah (50-64).
  3. Intake  merupakan tingkat kemampuan rata-rata siswa. Intaks bisa didasarkan pada hasil/nilai penerimaan siswa baru dan nilai yang dicapai siswa pada kelas sebelumnya (menentukan estimasi).  Contoh rentang nilai yang bisa digunakan: jika intake siswa tinggi maka rentang nilai yang digunakan (81-100), intake sedang (65-80), untuk intake rendah (50-64).

Untuk menetukan berapa KKM yang dibuat pada semester 1 tahun pelajaran 2017/2018 tentunya haruslah memperhatikan langkah-langkah berikut ini:
  1. Hitung jumlah Kompetensi Dasar (KD) setiap mata pelajaran setiap kelas lihat pada silabus masing-masing per mata pelajaran.
  2. Tentukan kekuatan/nilai untuk setiap aspek/komponen, sesuaikan dengan kemampuan masing-masing aspek Aspek Kompleksitas Semakin komplek (sukar) KD maka nilainya semakin rendah, tetapi semakin mudah KD maka nilainya semakin tinggi. Aspek Sumber Daya Pendukung Semakin tinggi sumber daya pendukung maka nilainya semakin tinggi Aspek Intake Semakin tinggi kemampuan awal siswa (intake) maka nilainya semakin tinggi.
  3. Jumlahkan nilai setiap komponen, selanjutnya dibagi 3 untuk menentukan KKM setiap KD.
  4. Jumlahkan seluruh KKM KD, selanjutnya dibagi dengan jumlah KD untuk menentukan KKM mata pelajaran.
  5. KKM setiap mata pelajaran pada setiap kelas tidak sama, tergantung pada kompleksitas KD, daya dukung, dan potensi siswa.
Nah itulah penjelasan secara singkat akan proses pembuatan KKM, Maka untuk mempermudah pengerjaanya dengan aplikasi olah KKM ini kami harapkan dapat membantu kesulitan bapak dan Ibu, Silahkan untuk aplikasinya dapat didwonload pada link dibawah ini:


Demikian  penjelasan singkat mengenai aplikasi ini, dan semoga apa yang kami sajikan dapat bermanfaat untuk pedoman serta reverensi pembuatan KKM di sekolah masing-masing.

Download Aplikasi Admnistrasi Guru :

    Demikian Informasinya tentang Aplikasi Olah KKM SD KK13 Format Excel, Admin Blog Guru Kita berharap, semua postingan yang Blog Guru Kita bagikan ini bisa melengkapi semua informasi yang dicari tentang Seputar Aplikasi, Administrasi, Perangkat, laporan Guru dan sekolah, Juga Dapat Memperkaya wawasan sekaligus menjadi inspirasi dan Referensi bagi bapak/ibu dalam menjalakan tugas mulianya. diiringi do'a yang tulus agar semua pembaca blog ini senantiasa di berikan kemudahan dalam melanjutkan tugas dan pengabdiannya demi tercapainya cita-cita untuk mencerdaskan anak-anak bangsa.


    Post a Comment